Penyebab Motor Mati Mendadak
Tips Otomotif

Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Di Gas

Penyebab Motor Mati Mendadak – Ini alasan mesin motor kamu mati saat gas dilepas Mesin motor merupakan suatu komponen inti. Tanpa mesin motor, tentu saja, motor mu tiada fungsinya.

Maka, karena itu semua orang sangat hati-hati dengan mesin motornya. Melakukan pengecekan rutin agar mesin motor miliknya dapat bekerja dengan baik dan normal. Sehingga tidak akan menyulitkan orang.

Namun, seringkali pula, mesin motor mati begitu saja. Ini benar-benar meresahkan dan juga membuat repot. Motor jadi kesusahan menyala dan menyebabkan semua kegiatan tertunda.

Sebenarnya, banyak hal yang dapat menyebabkan motor tidak mampu menyala dan digunakan. Misalnya busi pada motor kotor. Tetapi, yang membuat bingung adalah mesin akan normal kembali saat digas. Tetapi saat dilepas, mesin mati kembali. Bingung?  Cari tau Penyebab Motor Mati Mendadak pada ulasan berikut ini.

Penyebab Motor Mati Mendadak

Penyebab Motor Mati Mendadak

1. Ada yang salah pada karburator

Penyebab mesin motor mati saat gas dilepas bisa jadi terletak pada karburator-nya.  Mungkin, pada saat pemasangan ada yang salah posisinya. Pada saat kamu melakukan penyetelan pada karburator ada dua buah sekrup. Sekrup yang pertama merupakan sekrup yang berfungsi dalam hal atur mengatur katup gas.  Kemudian, ada pula sekrup kedua yang fungsinya mengatur tentang penyuplaian bensin.

Seperti yang kita ketahui, fungsi dari sekrup pertama yang mengatur katup gas ini cukup penting. Sekrup yang satu ini akan mengatur segala kegiatan angin. Jadi, kuat lemahnya angjn yang asalnya dari filter kemudian dimasukkan ke dalam mesin. Pemasangan ini juga bergantung padamu. Jika di kencangkan, tentunya katup gas akan ikut terbuka jauh lebih lebar. Ini juga yang membuat banyak angin sehingga RPM idle juga ikut naik. Begitu sebaliknya jika sekrup pertama ini dikendorkan.

Tentu saja, pemasangan pada sekrup kedua juga merupakan penyebab mesin motor mati saat gas dilepas. Sekrup kedua ini mempunyai hubungan yang erat dengan pilot jet. Pilot jet ini merupakan suatu saluran yang fungsinya adalah menjadi jalan bagi bensin. Sekrup kedua sendiri mempunyai peran yang penting dalam hal mengatur volume dari bensin sehingga dapat bekerja menggunakan ruangan yang kosong pada pilot jet itu sendiri.

Nah, saat sekrup ini di kencangkan, ini akan mempersempit jalur dari si pilot jet. Persempitan ini akan membuat bensin yang mengalir juga menjadi semakin sedikit. Jika pemasangan ini dikendorkan, maka jalur bensin lebih lancar karena pilot jet ikut membesar.  Tetapi, hal ini membuat boros bensin pula.

Lalu, penyebab mesin motor mati saat gas dilepas tentu saja karena hal ini.  Mesin tetap nyala meskipun pemasangan skrup pilot jet terlalu kecil atau mengalami kesalahan karena masih ada saluran pembantu lain. Main jet dapat membantu. Namun, saat gas dilepas katup dari gas kan ikut menutup diri. Jadilah, main jet ikut mati pula. Berarti kamu harus merapikan pemasangan sekrup. Inilah sebab mengapa pemasangan sekrup pada karburator sangat penting. Lakukan dengan baik dan penuh ketelitian.

2. Ada air pada karburator

Memang, meskipun air dan bensin merupakan zat yang sama, cairan. Mereka sungguh jauh berbeda dan tidak dapat disatukan. Adanya air dalam karburator membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik dan bekerja secara normal seperti seharusnya.

Dalam mesin motor ada yang namanya mangkuk karbu. Nah, masalah pada mangkuk karbu inilah yang menjadi penyebab mesin motor mati saat gas dilepas. Adanya air yang berada di mangkuk karbu menghambat kerja dari mangkuk karbu sendiri. Air ini sendiri akan terserap ke dalam intake manifold. Ia masuk melalui jalan dari main jet. Air ini kemudian akan merusak mesin sehingga menimbulkan bunyi yang tidak enak didengar.  Tidak hanya itu, ini juga menyebabkan mesin menuju kematian nya.

Kenapa begitu?  Hal ini dikarenakan cairan yang berasal dari pilot jet merupakan hasil campuran. Bukan murni bensin lagi, adanya air di antara cairan bensin ini membuat hanya beberapa bagian dari bensin yang tersuplai. Nah, maka karena itu, gas pada motor akan membuat cairan keluar jauh lebih banyak sehingga boros dan juga nyala pada mesin tersendat.

3. Tersendatnya pilot jet

Adanya hal yang yang mengganggu pada pilot jet tentunya menjadi penyebab mesin motor mati saat gas dilepas. Sebenarnya ini bukan merupakan suatu hal yang mudah, melainkan cukup rumit. Jika pada masalah salah dalam penyetelan karbu kamu masih bisa memperbaikinya. Namun, masalah pada pilot jet yang merupakan saluran bagi bensin cukup sulit.

Saat saluran yang sudah kecil ini tersumbat oleh sesuatu, entah apapun itu. Ia membuat saluran dari pilot jet ini sendiri ikut mengecil. Jadi, meskipun kamu kerja keras memasang kembali sekrup pilot jet atau membuat nya menjadi longgar. Itu merupakan usaha yang sia-sia.  Karena tetap saja saluran jalan bagi bensin ini menjadi sulit karena sempit. Ini adalah beberapa dari Penyebab Motor Mati Mendadak. Sebab itu, kamu harus perhatikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *