Penyebab Mesin Motor Cepat Panas
Tips Otomotif

5 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas (Overhead) Terbaru 2019

Otomotifa.com – Apakah anda pernah mengalami mesin motor cepat panas secara berlebih atau biasa sering kita dengar dengan istilah overhead? Nah, salah satu ciri motor mengalami overhead adalah motor tiba-tiba tidak bertenaga meskin mesin motor masih menyala. Bahkan, biasanya motor tidak mau berjalan meski kita sudah menarik gas sedalam mungkin.

Hal ini tentu akan menjadi salah satu masalah bagi pengendara motor tersebut, apalagi pengendara sedang berada ditengah kemacetan lalu lintas. Nah, bagi orang awan akan dunia otomotif pasti bingung dengan masalah tersebut dan bertanya-tanya apa itu overhead? Ya, overhead adalah tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin.

Secara teknis, penyebab overhead ini dikarenakan sirkulasi oli mesin pada motor terhambat, serta hilangnya pendingin pada kenirja mesin. Namun, seiring dengan perkembanganya teknologi mesin motor, kini sudah benyak tertanam fitur-fitur yang lebih modern seperti ECU atau Elektronic Control Unit yang tertanam pada mesin motor Honda.

Fitur ini berfungsi untuk menyelaraskan kinerja komponen pendingin mesin secara optimal. Dengan ini perfoma motor akan semakin stabil dan mesin motor tidak akan cepat panas ataupun mengalami panas yang berlebih. Nah, untuk mengetahui penyebab mesin motor cepat panas, berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan oleh para pengguna kendaraan bermotor.

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

1. Sirkulasi Oli Yang Tidak Baik

Seperti yang sudah kita ketahui fungsi oli pada sebuah kendaraan memang sangatlah penting. Ya, fungsi oli memang bukan hanya untuk melumasi komponen mesin, akan tetapi juga untuk mendinginkan mesin. Cara pendinginan yang dilakukan oli adalah dengan menyerap panas mesin dan menyalurkannya keseluruh komponen mesin.

Selain itu ada juga Oil Cooler, ini berfungsi untuk mendinginkan oil mesin sehingga oil dalam hal ini mirip seperti coolant. Seperti halnya radiator, jika ada sumbatan didalam radiator maka sistem pendingin akan terganggu. Pada oil cooler juga demikian, jika ada sumbatan pada saluran oli otomatis penyerapan panas dan daya pelumasan komponen akan terganggu.

Hal ini akan mengakibatkan dua hal sekaligus, yakni komponen mesin tidak terlumasi dan temperatur mesin akan meningkat drastis. Hal ini lah yang menyebabkan mesin motor akan mejadi overhead dan tenaga motor akan hilang meski kita sudah menarik gas sedalam mungkin. Dan solusi yang bisa kita lakukan ialah membersihkan saluran oli dari sumbatan yang ada.

2. Sirkulasi Air Pendinginan Yang Tidak Baik

Nah, penyebab mesin motor cepat panas yang kedua adalah sirkulasi air pendingin yang tidak baik. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini banyak sekali motor yang menggunakan sistem pendingin berupa Liquid Cooled. Teknologi ini memang membutuhkan air sebagai sistem pendingin dari mesin motor tersebut. Fungsi dari air pendingin ini ialah menyerap pada dan menstabilkan suhu pada mesin motor tersebut.

Dengan ini, kondisi suhu pada mesin motor tersebut akan menjadi lebih stabil dan mesin motor tidak akan mengalami panas yang berlebih. Namun tak jarang jika ada beberapa khasus pada sistem sirkulasi air pendingin yang tersumbat, yang mengakibatkan sistem pendingin mesin tidak bisa bekerja secara maksimal. Alhasil suhu pada mesin motor akan meningkat drastis dan bisa terjadi overhead.

3. Kipas Pendingin Yang Rusak

Untuk penyebab mesin motor cepat panas yang selanjutnya ialah kipas pendingin yang rusak. Nah, jika kipas pendingin rusak sebaiknya kalian memperbaikinya terselih dahulu sebelum motor digunakan untuk berpergian. Hal ini bisa menyebabkan mesin motor akan menjadi cepat panas dan bisa saja terjadi overhead, ini dikarenakan sistem pendingin pada motor anda tidaklah maksimal.

Untuk mengeceknya juga cukup gampang, yakni anda tinggal menghidupkan motor dan jika kipas tidak berputar maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada kipas raditor tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kipas yang sudah mati atau ada rangkaian yang terputus. Untuk memperbaikinya anda hanya cukup membawa motor anda kebengkel motor terdekat yang ada di kota anda.

4. Motor Membawa Beban Berat

Selain beberapa penyebab diatas, ada juga penyebab lain yang membuat mesin motor cepat panas yakni motor membawa beban yang berat. Ya, meski terbilang cukup sepele, namun membaea beban yang belebih pada motor akan membuat mesin motor cepat panas. Hal ini dikerenakan motor akan memerlukan tenaga extra untuk mendorong motor agar bisa berjalan.

Dengan semakin besar tenaga yang dikeluarkan, tarikan gas pun akan semakin dalam. Selain itu piston pun akan bergerak semakin cepat yang menyebabkan mesin motor menjadi cepat panas. Jika hal ini dipaksakan bisa saja motor akan mengalami overhead yang menyebabkan tenaga motor akan hilang dan motor juga tidak mau berjalan meski gas sudah kita tarik sedalam mungkin.

5. Mesin Hidup Dalam Waktu Yang Lama dan Posisi Jalanan Macet

Sementara itu, menghidupkan mesin motor dengan jangka waktu yang sangat lama, juga bisa berakibat fatal pada mesin motor tersebut. Ya, hal ini bisa menyebakan mesin motor akan menjadi cepat panas yang bisa menyebabkan mesin menjadin overhead. Hal ini biasanya terjadi jika kita terjebak tengah-tengah kemacetan lalu lintas di kota-kota besar.

Maka dari itu kami sarankan jika kalian terjebak macet dengan jangka waktu yang lama, sebaiknya anda mematikan mesin motor anda agar panas mesin bisa sedikit menurun. Dengan begini motor akan aman dari terjadinya mesin motor cepat panas ataupun overhead. Jadi untuk solusi yang lebih tepat ialah hindarilah kemacetan agar kalian tidak menyalakan mesin motor secara terus menerus.

Itulah beberapa penyebab mesin motor cepat panas ataupun overhead. Dengan adanya penyebab-penyebab diatas sebaiknya kami sarankan untuk menghindari hal-hal tersebut agar mesin motor tetap awet dan tahan lama. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas. Semoga bisa bermanfaat, dan terus simak ulasan artikel otomotifa.com mengenai Cara Membuat Body Motor Mengkilap Seperti Baru Lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *