Fungsi Oli Mesin Kendaraan
Uncategorized

9 Fungsi Oli Mesin Kendaraan Bermotor Motor Dan Mobil

Fungsi Oli Mesin – Pada Kendaraan BermotorMinyak pelumas atau oli merupakan zat yang berfungsi untuk melumasi mesin. Terdapat berbagai jenis oli mesin yang dapat ditemui di toko otomotif dengan merk yang beragam. Oli mesin merupakan bagian terpenting yang mendukung kerja mesin, sehingga oli pada mesin harus diganti secara rutin.

Penggantian oli secara rutin dapat merawat ketahanan mesin serta membuat kinerja mesin tetap stabil. Selain itu, dengan rutin mengganti oli mesin maka berdampak pada pemakaian kendaraan yang terasa lebih nyaman. Oli memiliki berbagai fungsi penting pada mesin.

Secara umum, oli berfungsi sebagai pelumas pada setiap komponen mesin. Saat mesin dihidupkan, selanjutnya oli akan menyebar ke setiap komponen mesin. Fungsi Oli Mesin melewati setiap bagian yang bergerak dan membentuk lapisan yang berfungsi sebagai pelumas.

Menjaga mesin agar tetap bisa bekerja dengan baik dan memiliki umur yang lebih panjang salah satunya adalah dengan memberikan perawatan yang baik salah satunya dengan oli dengan kualitas apik. Dengan membentuk lapisan untuk pelumas inilah oli menjaga mesin dari kerusakan dan keausan.

Fungsi Oli Mesin Kendaraan

Fungsi Oli Mesin Kendaraan

1. Oli Sebagai Perapat

Fungsi oli selanjutnya yaitu sebagai perapat, hal ini dapat terjadi saat oli mengalami sirkulasi dalam mesin dan membentuk lapisan tipis. Adanya lapisan tipis yang berasal dari oli dapat merapatkan celah diantara kedua komponen mesin yang bergerak. Dengan melakukan waktu ganti oli mobil secara tepat, maka setiap mesin kendaraan Anda dapat bekerja secara maksimal.

2. Oli Sebagai Pembersih

Oli dapat berfungsi sebagai pembersih pada mesin. Hal ini disebabkan saat oli melakukan sirkulasi di area mesin, maka oli yang sudah tersaring melalui filter akan melewati bagian-bagian mesin. Saat terdapat kotoran pada mesin seperti sisa karbon pembakaran, maka oli dapat membawa kotoran tersebut.

3. Oli Sebagai Penyerap Panas

Fungsi oli selanjutnya yaitu sebagai penyerap panas pada mesin. Hal ini dapat terjadi saat mesin dihidupkan sehingga terjadi proses pembakaran, pada saat bersamaan oli mengalami sirkulasi pada bagian mesin. Ketika Fungsi oli Mesin melewati bagian-bagian mesin yang memiliki temperatur tinggi, maka panas dari komponen mesin akan diserap oleh oli, sehingga dapat menjaga temperatur mesin tetap stabil.

4. Oli Sebagai Pencegah Karat

Fungsi oli selanjutnya yaitu sebagai pencegah karat pada permukaan logam. Hal ini dapat terjadi karena oli dapat melapisi setiap permukaan logam, sehingga logam terbebas dari oksidasi yang menjadi salah satu penyebab karat. Dengan rutin mengganti oli, maka mesin kendaraan Anda akan lebih awet dan terbebas dari karat.

5. Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli ?

Oli memiliki berbagai peranan penting untuk menjaga dan merawat mesin kendaraan Anda. Pastikan Anda memiliki waktu ganti oli mobil secara teratur agar kualitas mesin tetap awet dan tahan lama. Terdapat 5 tanda bahwa Anda harus mengganti oli mesin pada mobil, yaitu sebagai berikut.
Kualitas Fungsi Oli Mesin yang Menurun.

Tanda Anda harus mengganti oli pada mobil yaitu saat kualitas oli mengalami penurunan. Oli yang baru atau belum pernah dipakai biasanya berwarna jernih, lengket, dan terasa licin saat dipegang. Sebaliknya oli pada kendaraan yang sering dipakai dengan jarak tempuh berkilo-kilo meter akan mengalami perubahan seperti warna yang berubah menjadi warna cokelat kehitaman dan terlihat keruh.

Perubahan pada oli ini menyebabkan kurangnya fungsi oli sebagai pelumas, serta membuat mesin pada mobil menjadi tidak nyaman saat digunakan. Apabila Anda mengalami hal tersebut, lebih baik segera ganti oli pada mesin mobil Anda, karena apabila dibiarkan maka dapat merusak mesin kendaraan.
Suara Mesin Lebih Kasar

6. Masalah Yang Harus Di Perhatikan

Apabila Anda merasakan suara mesin mobil yang lebih kasar dari biasanya, maka sebaiknya periksa ulang oli mesin pada kendaraan. Oli yang sudah tua dapat dikenali dengan getaran yang tinggi pada mesin mobil. Selain itu, apabila Anda mendengar suara mesin yang kasar dan berisik, maka sudah saatnya mengganti oli mobil.

7. Perhatikan Kartu Ganti Oli

Ketika Anda melakukan penggantian oli mobil di bengkel, biasanya pihak bengkel akan memberikan kartu waktu ganti oli mobil berikutnya. Biasanya jangka waktu yang ditulis pada kartu sekitar 5000 km perjalanan. Namun Anda dapat mengganti oli mobil lebih cepat dari jangka yang ditetapkan apabila mobil sering melintasi jalan menanjak dan macet.

8. Perhatikan Stick Level Oli pada Mesin

Anda dapat melakukan pengecekan pada permukaan oli saat mesin dalam kondisi dingin. Apabila mesin dalam kondisi panas, maka permukaan oli akan naik yang disebabkan adanya pemuaian oli mesin, sehingga pastikan mesin berada dalam kondisi dingin. Ketika melakukan pengecekan dan oli berada di bawah batas standar, maka Anda dapat menambahkan oli. Namun pastikan tidak melebihi batas maksimal karena dapat menurunkan performa mesin.

9. Perhatikan Jarak Tempuh Mobil

Perhatikan jarak tempuh perjalanan merupakan langkah tepat untuk memastikan waktu penggantian oli mesin. Jarak tempuh yang aman dalam mengganti mesin yaitu antara 4000 km hingga 6000 km. Jarak tempuh aman pergantian oli mesin ini bergantung kondisi mesin dan kualitas oli yang digunakan.

Informasi Lainnya
Cara Memperbaiki Starter MobilCara Kerja Mesin 2 Tak

Waktu ganti oli mobil secara berkala dapat membuat mesin menjadi lebih awet. Selain itu, dengan rutin mengganti oli dapat membuat perputaran mesin menjadi lebih cepat dan performa mesin kendaraan meningkat sehingga Anda dapat berkendara dengan nyaman tanpa merasakan kerusakan pada mesin mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *