Fungsi Knalpot Pada Motor
Kamus Otomotif

7 Fungsi Knalpot Pada Motor Yang Wajib Di Ketahui

Otomotifa.com –  Banyak dari kita mungkin tidak terlalu peduli dengan apa itu fungsi kenalpot untuk motor mereka. Bahkan sebagian mereka bahkan tidak menjaga kenalpot motor mereka dnegan benar bahkan tidak melakukan perawatan dengan benar.

Jika membaca artikel dari OTOMOTIFO.COM berikut ini seharusnya kamu sudah memiliki keinginan yang dalam untuk mengetahui fungsi knalpot untuk motor mereka. Dimana sebenarnya knalpot pada motor sendiri memiliki banyak fungsi yang wajib untuk kita ketahui jika pengguna motor.

Beberapa fungsi knalpot pada motor sendiri ada beberapa yang harus kamu ketahui selain juga untuk tempat pembuangan. Dimana knalpot pada motor sendiri terkadang di ganti dari versi standar ke kustome dengan memberikan kesan yang lebih menarik serta membuat motor lebih bertenaga.

Knalpot standar pada motor sendiri sebenarnya sudah baik tinggal kamu harus bisa merawatnya dengan baik agar knalpot tersebut nantinya menjadi lebih awet dan mampu memberikan perfoma terbaik seperti dengan fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi knalpot pada motor yang wajib untuk bisa kamu ketahui jika memang memiliki kendaraan bermotor.

Fungsi Knalpot Pada Motor

Fungsi Knalpot Pada Motor

1. Membuat Tampilan Motor Menjadi Lebih Keren

Fungsi Knalpot Pada Motor yang pertama adalah sebagai ornamen untuk menjadikan tampilan motor lebih keren dan menarik. Berbagai macam bentuk knalpot yang dibuat oleh para pengrajin knalpot sesuai dengan jenis motor yang akan dipasang knalpot, dan kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu bisa dengan knalpot model standard, bobokan atau knalpot grong dengan bentuk yang bervariasi untuk menambah motormu menjadi lebih keren.

Selain itu, kamu juga bisa memilih knalpot dengan bentuk muffler bagi kamu yang akan ikut kontes kendaraan bermotor, karena biasanya knalpot dengan bentuk muffler ini sering digunakan oleh para pecinta motor cantik dan keren. Pilih knalpot sesuai seleramu agar motormu terlihat keren dan semakin kece.

2. Untuk Meredam Suara Ledakan Yang Dihasilkan Di Dalam Mesin

Fungsi lain untuk meredam suara ledakan yang dihasilkan dari ruang bakar di dalam mesin. Ruang pembakaran dalam mesin menimbulkan suara yang keras yang membuat bising di telinga, dengan adanya knalpot maka suara ledakan tersebut akan diredam sehingga suara yang dihasilkan dari proses pembakaranpun menjadi lebih kecil dan tidak membuat bising di telinga.

Bagi motor dengan kapasitas silinder yang besar seperti motor Harley Davidson suara ledakan pada proses pembakarannya pasti lebih keras berkali-kali lipat dibandingkan dengan motor dengan kapasitas silinder yang kecil, sehingga peran knalpot sangat diperlukan untuk mengurangi suara keras yang dihasilkan dari ledakan tersebut.

Knalpot yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis motor untuk memaksimalkan peredaman suara, jadi pilihlah knalpot yang sesuai dengan motor kesayanganmu.

3. Untuk Meningkatkan Tenaga pada Kendaraan Bermotor

Selanjutnya ketiga adalah untuk meningkatkan kekuatan tenaga pada motor, dengan knalpot yang pas, motormu akan lebih cepat dari biasanya. Akan tetapi tidak semua penggantian knalpot akan menambah kekuatan pada motor, hal ini disebabkan karena perhitungan spesifikasi mesin dan knalpot tidak sesuai yang menyebabkan performa mesin tidak sempurna dan motor tidak bertambah kekuatannya.

Jadi, jika kamu ingin motormu lebih bertenaga, pilihlah knalpot dengan desain yang sesuai dengan spesifikasi mesin serta perhitungan yang tepat untuk membuat motormu lebih bertenaga. Kamu bisa mencobanya sendiri, atau bawa motormu ke bengkel motor, karena di bengkel pasti alat-alatnya lebih lengkap dan dengan teknisi yang sudah berpengalaman sehingga kekuatan motormu akan lebih maksimal.

4. Untuk Mengurangi Bobot Motor

Fungsi knalpot yang lain adalah untuk mengurangi bobot motor, yang membuat motormu akan lebih leluasa untuk berakselerasi. Berbagai jenis knalpot yang sering digunakan oleh mekanik untuk balapan motor, salah satunya adalah knalpot jenis aftermarket, knalpot jenis ini menggunakan bahan carbon kevlar yang membuat knalpot ini lebih ringan dibandingkan dengan knalpot bawaan motor.

Berbagai macam model dan jenis knalpot racing dibuat dari berbagai macam bahan yang membuat knalpot jenis racing lebih ringan dari knalpot standard. Dengan menggunakan knalpot racing, maka kamu akan bisa merasakan keringanan saat balapan dan motor akan terasa lebih cepat karena beban motor sudah dikurangi oleh knalpot.

5. Mengurangi Pencemaran Udara

Selain itu mengurangi pencemaran udara yang dikeluarkan oleh proses pembakaran dan mengasilkan emisi karbon yang menyebabkan polusi. Knalpot sekarang sudah menggunakan teknologi yang bagus dengan menggunakan Catalytic Converter yang membuat emisi karbon dari ruang bakar akan lebih ramah lingkungan.

Selain itu, knalpot yang menggunakan teknologi Catalytic Converter inipun sangat dianjurkan untuk mengurangi gas buang yang dihasikan oleh motor dan menekan jumlah polusi udara yang sekarang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

6. Fungsi-fungsi pada bagian knalpot motor

Fungsi yang pertama adalah bagian Header, pada bagian ini digunakan untuk menghubungkan kepala knalpot pada engine untuk mengeluarkan gas buang yang dihasilkan dalam proses pembakaran. Fungsi bagian kedua adalah bagian Silincer yang berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang dihasilkan saat proses pembakaran, Silince biasanya dipasang pada ujung knalpot pada motor.

Fungsi yang ketiga ada pada bagian Resonator, bagian ini memiliki fungsi sebagai filter untuk meredam suara yang dihasilkan saat proses prmbakaran sedang berlangsung, sehinnga tidak menimbulkan suara bising di telinga. Dengan bagian motor dengan fungsinya masing-masing yang membuat motormu akan lebih ramah lingkungan.

7. Untuk Melakukan Gaya Balik Gas Buang pada Motor 2 tak

Fungsi Knalpot Pada Motor yang keenam adalah untuk melakukan gaya balik gas buang pada motor 2 tak. Bentuk knalpot untuk motor 2 tak berbada dengan bentuk knalpot motor 4 tak, bagian perut pada knalpot motor 2 tak dibuat lebih besar untuk melakukan gaya balik terhadap gas buang dan menambah power pada mesin 2 tak.

Motor 2 tak tidak mempunyai katup ex dan in berbeda dengan motor 4 tak yang sudah meggunakan katup ex dan in, yang menyebabkan motor 2 tak lebih bertenaga dibandingkan dengan motor 4 tak. Dalam prut knalpot inilah proses gas masuk dan gas buang terjadi perputaran yang menyababkan motor 2 tak lebih bertenaga dan suaranya tidak terlalu bising.

Nah itu dia beberapa Fungsi Knalpot Pada Motor yang wajib untuk kamu ketahui dimana fungsi kenalpot tidak boleh di sepelekan mengingat fungsinya yang penting. Selain untuk mengetahui fungsinya kamu juga wajib merawat knalpot agar lebih awet, simak juga informasi menarik lainnya dari Otomotifa seperti “Penyebab Motor Cepat Panas” yang mungkin akan bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *