Cara Mudah Memasang Ban Tubeless
Tips Otomotif

Cara Mudah Memasang Ban Tubeless Pada Motor Yang Benar

Otomotifa.com – Saat ini ban menjadi salah satu komponen sepeda motor ataupun mobil yang sangat penting. Pasalnya dengan menggunakan ban motor akan mampu berjalan dengan sempurna. Terlebih jika kualitas dari ban tersebut terbilang cukup baik dan bagus.

Di Indonesia ada dua jenis ban yang dijual di toko-toko ban ataupun onderdil motor terdekat di kota kalian. Ialah ban dengan jenis Tubeless dan juga Tubetype. Kedua ban ini memang memiliki perfoma yang cukup apik di jalanan tanah air, sehingga banyak konsumen yang memiliki ban-ban tersebut.

Nah, untuk kali ini kami akan sedikit mengulas tentang bagaimana cara mudah memasang ban tubeless pad motor. Untuk memasang ban tubeless pada sepeda motor anda, memang ada beberapa cara sehingga akan memudahkan kalian dalam memasangnya.

Dalam memasang ban motor jenis tubeless ini memang gampang-gampang susah, namun jika kita sudah mengetahui trik dalam memang ban tersebut pastinya kalian tidak akan memerlukan waktu yang lama dalam memasangnya. Dan berikut cara memasang ban tubeless pada motor yang benar.

Cara Memasang Ban Tubeless Pada Motor

Cara Mudah Memasang Ban Tubeless

Untuk memasang ban tubeless memang bisa dibilang tidak sulit namun juga tidak mudah alias gampang-gampang susah. Hal ini pernah saya alami, apalagi saat pertama kali mencoba untuk memasang ban tubeless khususnya untuk ban yang masih baru.

Dalam memasang ban tubeless terkadang ada yang mudah dan juga ada yang susah. Nah, bagi anda yang belum ahli tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama dan tentu saja kita akan bermadikan keringat. Tapi sebaliknya jika anda memasang ban tubeless yang sudah pernah dipasang sebelumnya tentu tidak akan sesulit memasang ban tubeless yang masih baru.

Kesulitan Memang Ban Tubeless

Seperti yang sudah saya bilang di atas jika memasang ban tubeless ini gampang-gampang susah. Memang ada beberapa kesulitan dalam memasang ban tubeless khususnya untuk ban tubeless yang masih dalam kondisi baru.

Untuk memasang ban tubeless ke velg memang tidaklah terlalu sulit, yang sulit itu adalah ketika anda ingin memompa untuk mengisi anginnya. Namun, jika kondisi ban yang sudah melar dan bisa dikatakan jarak antara hil yang satu dengan yang lain sudah lebar maka saat memompanya tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Tetapi jika anda menemukan ban tubeless yang kondisinya mingkup atau jarak antara hil yang satu dengan yang lain sudah sempit, maka jangan ditanyakan lagi pastinya hal ini akan sulit. Dan terkadang harus meratakanya terlebih dahulu baru bisa di pompa.

Nah, jika tidak diratakan kemungkinan besar akan lebih banyak angin yang keluar dari pada masuk kedalam ban. Hal ini disebabkan karena jarak antara ban velg sudah terlalu lebar, sehingga angin yang dimasukan kedalam ban akan keluar melalui celah-celah terbut.

Cara Mengatasi Susah Memasang Ban Tubeless

Selain memiliki kesulitan dalam memasang ban tubeless, kalian juga bisa mengatasi susahnya memasang ban tubeless ini dengan benar. Nah, jika anda menemukan masalah seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika kalian harus mau mengeluarkan tenaga yang cukup besar untuk mengatasinya.

Nah, hal yang pertama untuk mengatasi hal ini ialah anda harus meratakan satu sisi ban dengan velgnya. Caranya ialah dengan menginjak-injak pada bagian velg. Selanjutnya anda hanya perlu menarik ban tersebut agar salah satu sisinya menjadi rapat dengan velg.

Mengatasi Sulitanya memasang ban tubeless

Namun, jika anda sudah menggunakan cara ini tapi tidak berhasil, maka anda bida menggunakan alat khusus yakni alat buka hidrolis yang bisa digunakan untuk menekan ban tersebut agar salah satu sisinya bisa rapat dengan velg.

Jika salah satu salah satu bagian ban sudah rapat dengan velg, maka langkah selanjutnya anda harus memompa ban tersebut. Perlu diperhatikan, saat memompa agar anginya masuk kedalam semua bagian ban, caranya adalah dengan meletakan ban ditempat yang permukaanya datar.

Nah, saat mengisi angin lebih baik anda sambil menginjak-injak juga velgnya, kemudian tarik ban tersebut keatas agar jarak antara velg dan ban tidak terlalu lebar. Dan jika pada saat anda memang ban tubeless mengalami kesulitan, maka anda hanya cukup melakukan cara-cara diatas maka ban tubeless akan berhasil dipompa.

Tapi lain halnya jika anda menemukan ban tubeless yang sulit untuk dipompa, maka cara untuk mengatasinya harus dengan cara yang berbeda pula. Yakni anda bisa menggunakan ban dalam terlebih dahulu agar ban tersebut bisa dipompa dengan baik dan benar.

Caranya yakni anda tinggal memasukan ban dalam terlebih dahulu ke ban tubeless tersebut, selanjutnya anda pompa ban tersebut agar salah satu sisinya dapat menempel rapat dengan velg. Hal ini tentu akan lebih mudah dilakukan ketimbang kalian bingung dalam memompa ban tersebut.

Nah, apabila salah satu sisi ban sudah menempel, maka langkah selanjutnya adalah anda harus mengepreskan ban nya kembali, kemudian keluarkan ban dalamnya. Setelah ban dalamnya dikeluarkan, letakan ban dalam di tempat yang datar.

Lalu isi angin dengan menginjak-injak juga velgnya serta tarik juga ban tersebut keatas agar celah-celah antara ban dengan velg tidak terlalu lebar. Demikian ualasan mengenai cara memasang ban tubeless pada motor dengan benar. Semoga infromasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa terus baca artikel lainya mengenai Cara Memasang GPS Pada Mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *