Cara Mengatasi Engkol Motor Ngelos
Tips Otomotif

Cara Mengatasi Engkol Motor Ngelos & Penyebabnya

Cara Mengatasi Engkol Motor Ngelos  – Motor merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang banyak digunakan warga sebagai kendaraan pribadi. Dengan menggunakan motor, proses mobilitas menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan mobil.

Meskipun saat hujan akan kebasahan, menggunakan motor tetap menjadi pilihan terbaik jika untuk digunakan sebagai alat transportasi jarak dekat dan ingin cepat. Inilah yang juga membuat motor menjadi salah satu kendaraan yang paling mudah digunakan dan juga efesien tentunya.

Seringnya pemakaian motor sering kali membuat starter mesin tidak berjalan dengan benar bahkan rusak. Sebagai alternatifnya, maka digunakanlah starter kaki atau lebih dikenal dengan sebutan engkol. Penggunaan engkol ini memang sedikit merepotkan jika sedang dalam keadaan terburu-buru.

Di saat bersamaan, engkol sangat berguna dalam menyalakan mesin motor saat starter utama rusak. Jika sampai engkol motor ikut rusak alias ngelos, maka Anda pasti akan sangat kerepotan.

cara mengatasi engkol Motor ngelos

Cara Mengatasi Engkol Motor Ngelos

Penyebab Starter Kaki Rusak

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan engkol tidak berfungsi seperti seharusnya. Beda penyebab, beda juga cara mengatasi engkol motor ngelos. Penyebab pertamanya adalah kampas kopling yang sudah aus karena sering digunakan. Engkol ngelos juga bisa disebabkan oleh bagian setelan kopling yang tidak tepat. Koplingnya dipasang terlalu rapat. Kejadian ini biasanya terjadi pada motor sport atau motor yang sudah mengalami modifikasi.

Berbeda ceritanya dengan motor matik. Masalah kopling yang menyebabkan engkol jadi ngelos adalah karena bagian kopling tersebut tergores. Ini merupakan awal masalah engkol yang bisa sangat mengganggu. Di samping karena kopling, engkol bisa ngelos dikarenakan per sentrifugal yang kerjanya sudah tidak semaksimal dulu dan cenderung lembek. Penyebab terakhir dari ngelosnya engkol motor adalah mesin motor yang sudah tidak mampu menghasilkan tekanan kompresi.

Supaya motor bisa menyala karena menggunakan engkol, maka diperlukan adanya tekanan pada mesin. Tekanan kompresi ini berasal dari piston yang ada pada bagian mesin. Hilangnya tekanan piston ini biasanya disebabkan adanya kotoran pada bagian klep atau valve. Kotoran tersebut bisa menghalangi kerja piston sehingga bagian tersebut tidak berjalan dengan normal. Supaya enkol tidak terus ngelos, maka diperlukan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ini.

Cara Mengatasi Engkol Motor Ngelos

Setelah mengetahui yang mana penyebab dari engkol motor Anda ngelos, maka Anda harus mengetahui cara mengatasi engkol motor ngelos supaya bisa berfungsi seperti sedia kala. Jika penyebabnya adalah kampas kopling yang sudah aus, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti kampas kopling tersebut menggunakan yang baru. Akan tetapi, jika cara ini tidak berhasil maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bagian komponen lain.

Lakukan pemeriksaan komponen motor ini di bengkel tempat Anda biasa melakukan servis. Meskipun pemeriksaan bisa dilakukan sendiri di rumah, menggunakan kemampuan ahli jauh lebih bisa dipercaya hasil pemeriksaannya. Dan jika memang benar ada masalah pada komponen lain pada motor tersebut maka bisa langsung diganti.

Cara Merawat Sterter Motor Yang Benar

Jika penyebabnya adalah setelan kopling yang tidak sesuai karena sudah dimodifikasi dan posisinya terlalu rapat, maka pastikan posisi kopling pada jarak yang sesuai. Namun apabila kopling tergores, maka bagian tersebut harus segera diganti dengan spare part yang baru. Kopling yang tergores tidak akan bisa bekerja secara maksimal oleh sebab itu ada baiknya untuk segera diganti.

Begitu juga jika per sentrifugal motor yang menjadi akar masalah starter kaki atau engkol jadi ngelos. Cara mengatasi engkol motor ngelos ini adalah dengan mengganti bagian per tersebut. Apalagi pada motor tua yang sudah dimakan usia. Pengecekan dan penggantian per sentrifugal ini harus dilakukan secara rutin atau berkala. Meskipun tua, jika dirawat dengan baik, kendaran roda dua Anda bisa tetap berjalan dengan baik.

Jika penyebab ngelos adalah karena adanya kotoran yang menyumbat klep atau valve maka bersihkan kotoran pada bagian tersebut. Klep merupakan bagian pada motor yang bertugas mengatur masuknya gas baru dan mengeluarkan gas buang sisa hasil pembakaran. Kotoran bisa muncul pada bagian ini karena motor menggunakan bahan bakar dengan tingkat oktan yang tidak sesuai dan cendurung rendah. Saat klepnya tidak tertutup dengan sempurna seperti seharusnya karena kompresinya kurang, maka kebocoran terjadi dan menimbulkan tumpukan kotoran.

Untuk membersihkan bagian yang kotor ini bisa dilakukan di rumah sendiri dengan cara memasukkan tiga sendok makan oli baru melalui lubang busi. Oli ini yang membantu untuk meluruhkan kotoran dan kerak yang terdapat pada bagian klep akibat sisa pembakaran gas atau bahan bakar. Setelah memasukkan oli ini biasanya saat dinyalakan akan muncul asap. Namun tidak perlu mengkhawatirkan asap tersebut karena asap ini berasal dari oli yang terbakar.

Dengan mengetahui penyebab ngelosnya mesin serta cara mengatasi engkol ngelos yang tepat, maka keadaan engkol bisa kembali prima. Jika ada bagian spare part yang perlu diganti maka gantilah menggunakan spare part yang sesuai dan resmi dari produsen motor yang Anda gunakan. Penggunaan barang asli dan sesuai akan lebih tepat, cocok serta memperpanjang usia kendaraan Anda.

Itu dia beberapa cara mengatasai Dan Juga Penyebab engkol nglos semoga bisa menjadi bahan pengetahuan buat anda yang membutuhkan agar kedepannya nantiny tetap waspada dan berhati-hati supaya kejaian tersebut tidak terjadi lagi Simak juga nih informasi bermanfaat OTOMOTIFA.COM lainnya seperti “Cara Memasang Ban Tubeless” Pada Artikel sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *