Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri
Kamus Otomotif

Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri Paling Mudah

Cara Menambal Ban Tubeless – Meskipun di sinyalir sebagai salah satu ban paling awet saat ini namun ban jenis Tubeless bukan tidak memiliki masalah. Ban tubeless sendiri bisa bocor oleh beberapa benda tajam, meskipun tidak akan membuat ban langsung kehilangan tekanannya. Kebanyak motor sekarang juga sudah dibekali dengan ban tubeless karena terkenal lebih awet.

Jika kamu mengalami masalah ban bocor namun langsung bisa menemukan tukang tambal ban pastinya akan tidak merepotkan. Namun lain cerita jika kamu mengalami ban bocor dan berada jauh dari tukang tambal ban. Bagi pemilik kendaraan bermotor kususnya motor yang menggunakan ban tubeless bisa juga membawa tire repair kit sebagai alat bantu menambal ban tubeless.

Satu set Tire Repair Kit sendiri terdiri dari pelubang, pengait, lem tambal, amplas, serta adanya tambalnya itu sendiri yang terlihat seperti busa kecil seperti pensil memanjang. Dimana dengan adanya alat ini seharusnya kamu tidak perlu khawatir lagi saat motormu bocor di tengah jalan. Dimana tekanan udara dalam roda pastinya akan berkurang, selain akan membuat motor sulit untuk berakselerasi juga akan sangat membahayakan.

Sambil mencari tempat untuk mengisi angin motor kamu masih bisa di kendarai dengan nyaman bila memang menggunakan ban jenis ini. Satu set Tire Repair Kit sendiri dibandrol dengan harga yang bervariasi diantara 30-50 Ribuan. Bagi kamu yang sering bekendara jarak jauh wajib juga nih untuk memiliki alat ini sebagai antisipasi ban bocor pada saat jauh dari tukang tambal ban.

Cara Menambal Ban Tubeless

Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri

1. Periksa Penyebab Bocor

Pastinya akan ada tanda-tanda bila ban motor mengalami kebocoran, salah satunya dengan kondisi motor menjadi lebih limbung dan juga posisinya berkendara terasa berat. Selain itu akselerasi berkendara menggunakan ban bocor juga akan jauh menurun. Dimana jika sudah merasakan hal ini maka kamu harus langsung mencari penyebabnya, kemunkinan besar tertusuk paku atau benda lainnya.

2.  Copot Paku

Langkah selanjutnya adalah mencopot paku yang menancap di ban motor. Untuk mencabutnya sendiri kami sarankan untuk menggunakan tang. Biasanya alat pencabut juga tersedia di paket Set Tire Repair.

3. Lubangi Titik Yang Bocor

Untuk selanjutnya kamu bisa melubangi ban Lubangi titik kebocoran tadi dengan alat yang ada di tire repair kit dengan menggunakan alat pembuka lubang. Alat pembuka lubang sendiri biasanya memiliki desain ujung yang berbentuk seperti mur. Masukan alat ini dengan tenaga penuh lalu gerakan maju mundur agar mampu membuat lubang menjadi lebih longgar.

4. Masukan Tambal Ban

Langkah selanjutnya adalah dengan ambil tambal ban yang bentuknya seperti karet memanjang. Gunakan setengah bagian karet saja, masukan karet kedalam lubang pengait yang tersedia. Lalu masukan kedalam lubang ban yang bocor, namun janan lupa sebelumnya karet yang di siapkan sudah dalam kondisi di beri lem. Masukan karet tersebut dengan mengunakan pengaitnya. Cabut pelan-pelan alat pengait dan pastikan karet tersebut sampai denganmenyangkut di lubang ban.

5. Periksa Apakah Luabang  Masih Bocor

Langkah selanjutnya adalah dengan perikasa lubang tadi apakah masih bocor atau sudah benar-benar tertutup rapat. Caranya bisa dengan menggunakan percikan air yang di teteskan ke bagian lubang ban. Jika terlihat gelembung udara maka dapat di pastikan kamu telah gagal melakukan tambal ban sendiri. Jika hal ini terjadi maka kamu bisa mengulangi step diatas.

6. Isi Angin

Langkah selanjutnya jika ban sudah benar-benar di tambal dengan betul adalah dengan mengisi angin ban yang bocor tersebut. Namun pastikan lagi saat mengisi angin posisi sudah kering agar nantinya proses pemabalan tidak sia-sia.

Menambal Ban Tubeless sendiri terbilang cukup mudah dibandingkan dengan menambal ban konvensional karena kamu nantinya tidak perlu melepaskan ban dari rodanya. Meskipun demikian untuk melibangi ban tubeless sendiri terbilang cukup sulit dan membutuhkan tenaga yang besar, kamu juga harus dengan hati-hati memasukan perekat kedalam ban tubeless dan jangan sampai terlalu dalam. Demikian informasi yang bisa Otomotifa.com sampaikan baca juga informasi menarik lainnya menggenai Cara Memasang Ban Tubeless dengan gampang pada artikel kami sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *