Cara Memperbaiki Speedometer
Tips Otomotif

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor Yang Rusak

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor – Setiap komponen dari motor selalu memiliki peran masing-masing yang bersifat penting. Jika ada salah satu komponen yang rusak, maka keseluruhan fungsi komponen lain juga akan terganggu. Motor tersebut juga tidak akan berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, perlu segera dilakukan langkah perbaikan apabila terdapat salah satu komponen yang bermasalah. Dalam proses perbaikan itu, tentu harus ada tahap-tahap yang dilakukan.

Salah satu komponen motor yang penting adalah speedometer. Di semua jenis motor baik itu matic ataupun manual selalu terdapat speedometer yang berfungsi sebagai pengukur kecepatan. Saat ini ada dua jenis speedometer pada motor, yaitu speedometer analog dan digital. Kedua jenis speedometer tersebut memiliki fungsi dan cara kerja yang sama.

Perbedaannya ada pada teknologi pendukungnya. Speedometer analog masih mengandalkan teknologi konvensional. Sementara speedometer digital menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Pada banyak motor model terbaru saat ini, speedometer yang digunakan adalah jenis digital. Speedometer digital tidak menggunakan jarum sebagai penanda kecepatan, melainkan memperlihatkan tampilan angka. Dalam kesempatan kali ini OTOMOTIFA.COM akan memberikan ulasan lenggkap cara memperbaiki speedometer Digital Motor yang rusak secara lengkap.

Kerusakan pada speedometer digital ditandai dengan tidak munculnya informasi angka pada layar. Cara memperbaiki speedometer digital motor yang rusak bisa dilakukan setelah mengetahui masalahnya. Inilah beberapa cara memperbaiki speedometer digital berdasarkan penyebab kerusakannya.

Cara Memperbaiki Speedometer Digital

Cara Memperbaiki Speedometer

1. Mengganti Velg

Jangan tergesa-gesa membongkar bagian dalam speedometer untuk mencari penyebab kerusakannya. Speedometer digital pada motor yang tidak berfungsi bisa jadi disebabkan oleh kerusakan dari komponen lain. Seperti halnya kerusakan velg yang bisa berdampak pada kinerja speedometer.

Landasan velg yang rusak akan membuat putaran gear speedometer macet dan terhambat. Akibatnya speedometer digital tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk penyebab yang satu ini, solusinya yaitu dengan mengganti velg motor.

2. Menyambung Kabel Speedometer

Jika tidak ada masalah dengan komponen motor yang lain, kerusakan speedometer digital bisa jadi karena bagian dalamnya yang bermasalah. Maka dari itu, segeralah periksa bagian dalam speedometer. Jika ada kabel yang terputus, maka itulah penyebab utama speedometer digital gagal berfungsi.

Cara memperbaiki speedometer digital motor untuk masalah ini adalah dengan menyambung kembali kabel tersebut dengan benar dan tepat. Jika sudah selesai, kembalikan pada posisi semula dan speedometer digital akan kembali bekerja dengan baik.

3. Bersihkan Gear

Penyebab lain speedometer digital yang tidak berfungsi yaitu gear pada as roda yang sudah aus. Masalah tersebut bisa diatasi dengan mengganti speedometer yang rusak dengan speedometer yang baru. Pasalnya gear yang aus sudah tidak bisa dikembalikan kondisinya seperti baru lagi.

Selain itu, gear yang kotor juga bisa menghambat kinerja speedometer. Agar speedometer digital kembali berfungsi, gear tersebut harus dibersihkan dari debu dan kotoran. Setelah itu, jangan lupa untuk memasangnya kembali.

4. Mengecek Soket Speedometer

Selain kabel di bagian dalam speedometer digital, soket speedometer juga bisa putus. Hal tersebut yang menjadi penyebab lain speedometer tidak berfungsi. Soket speedometer yang putus membuat putaran kabel ke speedometer jadi tidak maksimal bahkan sampai tidak bisa terbaca.

Speedometer juga bisa tidak berjalan sama sekali karena masalah soket yang terputus. Cara memperbaiki speedometer digital motor karena sebab ini yaitu dengan memeriksa soket. Gunakan multitester agar pengecekan lebih akurat.

5. Memeriksa Sekring

Masalah speedometer digital motor yang tidak berjalan juga bisa disebabkan masalah yang sederhana, seperti sekring. Sekring utama bisa diperiksa dengan cara membuka penutup samping pada motor. Periksa semua bagian sekring dan perhatikan semua kabelnya.

Apabila ada kabel yang terputus, segera perbaiki dengan cara menyambungnya. Setelah selesai menyambung kabel yang putus, pasang kembali penutup samping motor. Cara ini merupakan cara termudah memperbaiki speedometer digital yang rusak akibat penyebab yang sederhana.

6. Mengganti Speedometer Yang Baru

Kerusakan speedometer digital yang disebabkan karena panelnya memang sangat jarang terjadi. Namun bukan tidak mungkin permasalahan ini terjadi. Permasalahan panel speedometer ini umumnya terjadi pada motor tua yang performanya sudah sangat menurun. Dengan kata lain, kerusakan panel speedometer ini hampir tidak mungkin terjadi pada sepeda motor baru.

Permasalahan di dalam panel speedometer ini bisa karena ada kabel yang terbakar atau ada air yang masuk. Untuk mengatasinya, speedometer harus diganti dengan yang baru. Untuk menghindari semua jenis kerusakan speedometer digital di atas, pastikan menggunakan part asli dan bukan part KW pada motor. Selain itu, hindari penggunaan part speedometer yang sebenarnya tidak cocok untuk motor tertentu.

Apabila ada bagian yang aus, patah atau putus, segera ganti dengan yang baru. Selain itu, rajinlah membersihkan bagian-bagian motor agar speedometer digital terus berfungsi. Simak juga nih informasi bermanfaat lainnya menggenai “FUNGSI FILTER OLI” pada ulasan informasi sebelumnya yang mungkin bisa bermanfaat.

Beberapa cara memperbaiki speedometer digital motor bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Mengganti speedometer yang rusak dengan yang baru bukan solusi pertama. Terlebih dahulu, periksa semua komponen yang berhubungan dengan speedometer termasuk bagian terdalamnya untuk menemukan masalah. Cara memperbaiki yang tepat hanya berguna pada permasalahan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *