Cara Membuat Motor Irit Bahab Bakar
Tips Otomotif

7 Cara Membuat Motor Irit Bahan Bakar dan Lebih Bertenaga

Otomotifa.com – Membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar memang menjadi keinginan banyak orang, terutama bagi para pengguna kendaraan bermotor. Hal ini mengingat jika harga BBM dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk membuat motor kita lebih irit bahan bakar, kita memang memerlukan beberapa cara khusus agar motor bisa melaju dengan cepat namun hemat bahan bakar.

Untuk melakukan modifikasi tersebut, kita bisa langsung datang ke bengkel motor atau bahkan kita bisa melakukanya sendiri di rumah. Akan tetapi bagi anda yang awan dalam bidang otomotif, kami sarankan untuk membawa motor anda ke bengkel motor terdekat. Nah, untuk membuat motor lebih irit bahan bakar dan lebih bertenaga ada beberapa cara yang perlu diperhatikan, berikut adalah cara membuat motor irit bahan bakar dan lebih bertenaga.

Cara Membuat Motor Irit Bahan Bakar

Cara Membuat Motor Irit Bahab Bakar

Bagi anda pengendara motor dengan jarak yang cukup jauh, pasti sering merasakan adanya kekurangan pada motor kita baik dalam perfoma maupun keiritanya dalam mengkonsumsi bahan bakar. Nah, untuk membuat motor anda menjadi lebih irit bahan bahar, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan tanpa memerlukan biaya yang besar.

1. Porting Polish

Porting polish merupakan salah satu cara membuat motor irit bahan bakar dan juga bertenaga. Porting polish dilakukan pada bagian head kendaraan untuk memperlancar proses hisap dan buang pada saat melakukan pembakaran dalam mesin. Proses ini biasanya kurang diperhatikan oleh para produsen, karena kebanyakan produsen mengenjar produksi masal untuk menekan penjualan. Porting polish dapat menambah napas dan juga tenaga motor, sekaligus membuat proses hisap dan buang lebih efisien.

2. Papas Head

Cara membuat motor irit bahan bakar yang kedua adalah dengan cara papas head. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan dan menaikan rasio kompresi pada motor yang akan membuat motor menjadi lebih bertenaga. Akan tetapi perlu kalian ingat jika pemapasan head cukup beresiko, tertutama jika mekanik tidak paham dengan kondisi motor. Untuk itu, anda butuh ketelitian dan perhitungan yang tepat antara posisi head, boring dan bagian lainya seperti busi, klep dan seher agar tidak mengalami tabrakan.

3. Perbesar Klep

Selanjutnya kalian bisa memalkukan pembesaran pada bagian klep untuk bisa mendapatkan sebuah motor yang irit bahan bakar dan bertenaga. Hal ini dapat kalian lakukan pada motor 4 tak, klep digunakan untuk mengatur proses pembuangan dan prosese penghisapan. Dengan melakukan pembesaran pada klep in dan ex, motor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih panjang, serta lebih efisiensi dalam pembakaran. Selain itu, pengendara juga bisa melakukan hal-hal dibawah ini :

  • Pembuat head dengan jumplah klep yang lebih banyak
  • Penggunaan noken as yang berkualitas
  • Pergantian head dengan sistem DOHC

4. Memajukan Timing Pengapian

Untuk cara membuat motor lebih irit bahan bakar yang selanjutnya adalah dengan memajukan timing pengapian pada motor. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pembakaran dan mengahasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Biasanya dalam memajukan timing pengapian anda bisa mengganti komponen-komponen berikut :

  • CDI – Penggunaan CDI dengan kurva yang lebih maju, atau gunakan CDI yang timing pengapianya dapat diatur.
  • Koil – Koil dapat digunakan untuk memperbesar api yang nantinya akan membakar AFR pada ruang bakar.
  • Bahan bakar – Timing pengapian yang sudah dimajukan, haram hukumnya menggunakan bahan nakat yang beroktan rendah, hal ini akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan proses pembakaran menjadi kurang sempurna.

5. Rajin Melakukan Servis

Nah, dengan rajin melakuan servis pada motor anda, kalian juga bisa mengetahui kondisi perfoma mesin motor anda. Untuk itu lakukanlan servis mesin dan servis karburator yang menjadi hal yang cukup penting bagi perfoma motor anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut dalam menyervis sepeda motor anda :

  • Servis dan bersihkan karburator dengan sempurna.
  • Bersihkan kerak pada bagian head, klep dan piston.
  • Bersihkan busi dan ganti ketika harus diganti.

6. Tidak Menggunakan Ban Dengan Ukuran Besar

Untuk membuat motor menjadi lebih irit dan bertenaga kalian juga perlu menggunakan ban standar pabrik dari motor tersebut. Hal ini di karenakan ban motor standart yang dirancang merupakan ban ukuran terbaik dipasang atau apabila ingin memperbesar atau mengecilkan ban maksimal ganti dengan 2 ukuran diatas atau dibawahnya. Menggantin ban tanpa mengganti velg dan peningkatan perfoma mesin, hanya akan membuat beban mesin menjadi berat.

7. Mengganti Komponen ECM

Motor modern saat ini sudah menggunakan teknologi fuel injection, yang diatur oleh komputer. Itu artinya setiap motor yang memiliki sistem pembakaran dengan menggunakann fuel injection patilah memiliki ECM yang mengatur. Pengendara dapat membeli produk ECM aftermarket yang tersedia di pasaran. Namun saya penggantian ECM ini masih mahal komponenya akan tetapi memiliki efek yang signifikan terhadap motor.

Nah guys, itulah beberapa cara membuat motor irit bahan bakar dan lebih bertenaga. Dengan menggunakan beberapa cara diatas bukan hanya membuat motor menjadi lebih hemat bahan bakar akan tetapi perfoma motor akan menjadi lebih bertenaga. Selain itu, kalian juga tidak memperlukan biaya yang besar untuk membuat motor anda menjadi lebih tangguh dan lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Untuk melakukan cara diatas sebaiknya kalilan lakukan dengan yang ahlinya, agar proses membuat motor menjadi lebih irit bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, kalian juga bisa mengetahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter pada ulasan artikel otomotifa.com sebelumnya. Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *