Penyebab Mobil Tidak Bisa DiStarter
Tips Otomotif

5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter : Solusi & Cara Mengatasi

Otomotifa.com – Menjadi hal yang tidak asyik ketika saat liburan tiba-tiba mobil mengalami mogok di jalan dan mobil tidak bisa distarter. Tentu suasana yang semula asyik menjadi terpecah oleh hal kecil yang sebetulnya bisa diantisipasi sejak awal. Namun tenang saja, ada beberapa penyebab yang memungkinkan mobil tidak bisa distarter.

Beberapa penyebab ini bisa kamu cek satu persatu agar bisa dilakukan perbaikan sesegera mungkin. Ini bersifat penting lantaran tak sedikit orang yang mengalami kejadian serupa namun tidak tahu penyebabnya. Sehingga yang sebetulnya itu hanya kendala teknis yang remeh namun dikira hal yang serius.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Penyebab Mobil Tidak Bisa DiStarter

1. Masalah Busi

Salah satu bagian penting dalam sistem starter mobil adalah busi. Jika busi mengalami masalah, maka otomatis mobil akan susah, bahkan tidak bisa distarter. Ada dua penyebab utama mengapa busi bisa bermasalah, pertama karena usianya terlalu tua dan kedua busi terlalu kotor.

Busi yang terlalu tua usianya akan membuat mobil susah distarter saat kondisinya panas. Barilah saat mesin sudah mulai dingin mobil bisa lebih mudah distarter. Busi yang seperti ini lebih baik diganti yang baru agar tidak menghambar mobilitas keseharian.

Secara fungsional, busi yang kotor akan menghambat percikan api yang dibutuhkan agar starter dapat berjalan. Ketika mobil tak bisa distarter, coba cek kebersigan businya. Bila kotor, segera bersihkan dengan menggunakan pembersih khusus.

2. Alternator Rusak

Penyebab kedua mobil tidak bisa distarter ialah alternator yang rusak. Alternator ialah komponen penting yang berfungsi mendistribusikan listrik ke aki. Bila ampere sampai rusak, otomatis mobil tak akan bisa menyala meski busi dan aki dalam kondisi baik.

Sebetulnya alternator tidak mudah mengalami kerusakan. Kerusakan bisa terjadi secara alamiah bila mobil usianya lebih dari 8 tahun. Bila penyebabnya adalah kerusakan ampere, maka jalan terbaik untuk menyelesaikannya ialah membawanya ke bengkel.

3. Koil Terlalu Panas

Koil pada mobil berfungsi untuk menggandakan daya listrik dalam jumlah besar ke aki. Sehingga arus listrik bisa mengalir ke busi sampai memantik pijaran api. Dari sinilah mobil bisa distarter secara normal.

Bila tiba-tiba mobil tidak bisa distarter, segera cek koilnya. Koil yang suhunya terlampau panas besar kemungkinan telah mengalami kerusakan. Lakukan penggantian koil di bengkel terdekat agar sistem mobil bisa normal kembali.

4. Periksa Kondisi WTS

Water Temperature Sensor dan yang akrab disebut WTS juga berpotensi membuat mobil tidak bisa distarter. Bila WTS sampai mengalami konsleting atau kerusakan, maka sistem injeksi mobil akan mengalami gangguan sehingga mobil susah atau bahkan tidak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya bila tidak memiliki pengetahuan di bidang otomotif.

5. Aki Bermasalah

Mobil yang tidak bisa dinyalakan bisa diduga tidak cukup memiliki arus listrik yang kuat. Coba cek akinya terlebih dulu dengan cara melepas kutub Positif (+) lalu membersihkannya. Biasanya kutub ini rentan kotor dan lebih cepat berkerak akibat jarang dibersihkan. Kotoran yang menempel pada kutub positif bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter.

Selanjutnya cek pada kontak di posisi “On”, bila muncul logo aki menyala, ini mengindikasikan aki sudah rentan. Jika aki sudah lemah, satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru. Tetapi jika kondisinya darurat, silahkan melakukan pengisian aki melalui cara ‘jumper’ aki dengan mobil lain.

Demikian 5 penyebab mobil sulit distarter ala Otomotifa. Lakukan pengecekan secara mendetail pada kelima komponen tersebut saat kamu mau melakukan perjalanan jauh, khususnya traveling bareng keluarga.

Jangan sampai momen indah tersebut dirusak suasananya oleh beberapa hal remeh yang bisa kamu antisipasi sejak dini. Cek dulu kelima penyebab di atas sebelum bertindak lebih jauh agar perjalanmu tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *